Kamis, 26 Mei 2016

Manfaat Kayu Jati Bagi Kehidupan Manusia


Siapa tak kenal nama kayu yang sudah melegenda tentang kualitasnya ini? Kayu jati berasal dari pohon jati yang memiliki ukuran yang besar, yang bisa tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter. Jati merupakan jenis pohon yang memiliki daun yang lebar-lebar dan memiliki ciri khas, dengan daunnya yang gugur ketika mengering. Pohon jati sendiri merupakan jenis pohon yang tumbuh pada daerah hutan hujan tropis yang bersuhu antara 27-37 derajat.


Berikut ini adalah ciri-ciri dan sifat utama dari kayu jati :
  1. Memiliki kekuatan dan keawetan yang sangat baik
  2. Berwarna coklat muda hingga coklat tua
  3. Mudah dipotong – potong dan mudah diolah menjadi banyak produk
  4. tidak mudah berubah bentuk akibat perubahan cuaca.
  5. Memiliki bobot yang berat dan kokoh
Sesuai dengan sifatnya yang kuat, keras, tahan lama dan tidak mudah mengalami perubahan bentuk, maka kayu jati kebanyakan dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan, berikut ini :
1. Kapal laut – Sejak jaman penjajahan Belanda, kayu jati sudah dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kapal laut, dan juga sebelum itu sudah dimanfaaatkan sebagai bahan pembuatan kapal nelayan.
2. Rumah – Rumah pada jaman dahulu dan beberapa rumah yang ada di daerah pedesaan masih mengandalkan kayu jati sebagai bahan dasar pembuatannya, daripada menggunakan semen dan bata. Saat ini pembuatan tumah dengan kayu jati biasa ditemui pada daerah pegunungan, sebagai villa dan rumah peristirahatan serta tempat penginapan umum di tempat-tempat wisata.
3. Meubel dan furniture – Sifat kayu jati yang mudah dipotong-potong dan diolah, membuat kayu jati sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan meubel dan furniture yang berukir. Hal ini seperti manfaat kayu cendana yang banyak dibuat untuk meubel.
Contoh meubel dan furniture kayu yang terbuat dari kayu jati :
  • Meja makan
  • Kursi
  • Lemari pakaian
  • Kusen dan pintu serta jendela
  • Tempat tidur
4. Hiasan rumah dari Kayu
Manfaat kayu jati sering digunakan sebagai bahan pembuatan ukiran dan hiasan serta pajangan rumah yang menarik, dengan warna kayu jati yang khas dan tahan lama. Berikut ini beberapa jenis ukiran dan pajangan hiasan rumah yang dibuat dari bahan dasar kayu jati :
  • Ukiran dinding
  • Pigura foto
  • Ukiran pada kusen dan pintu
  • Pembuatan pajangan- pajangan
5. Gazebo
Gazebo merupakan sejenis aula kecil yang biasanya terletak pada bagian taman, dan dapat berguna sebagai tempat berkumpul dan bersantai. Manfaat kayu jati, dapat membuat rumah-rumahan taman ini dengan kuat, bahkan tahan air.

6. Dekorasi outdoor
Selain menjadi gazebo, masih ada lagi dekorasi outdoor lainnya yang dibuat dengan menggunakan kayu jati sebagai bahan dasarnya. Hal ini disebabkan oleh kualitas kayu jati yang tidak mudah berubah walaupun terus-terusan diterpa hujan atau panas. Dekorasi outdoor yang terbuat dari kayu jati antara lain :
  • Kursi taman
  • Ayunan
  • Tiang garasi
7. Menjadi parket atau lapisan penutup lantai – Salah satu fungsi kayu jati sebagai hiasan adalah dengan digunakan sebagai parket. Parket merupakan jenis lapisan kayu yang menutupi bagian lantai. Dengan demikian, lantai rumah tidak lagi menggunakan tegel atau keramik. Hal ini tentu saja akan menambah nilai estetika dari dekorasi suatu ruangan.

8. Tiang rangka rumah, maupun yang lainnya.